Pengalaman Tes Magang Kerja: Shopee - Business Development Intern

by - 11:00 PM


Hai!

Berhubung aku merasa terbantu dengan cerita pengalaman tes kerja di internet, aku memutuskan untuk melakukannya juga. Kebetulan aku lagi berada di masa pencarian jati diri, mencari pekerjaan paling tepat untuk aku jalanin dalam jangka waktu panjang.

Untuk itu aku mau cerita tentang panggilan tes dari Shopee. Waktu itu aku apply posisi Business Development Intern lewat Kalibrr tgl 15 Juli 2019, dan pagi harinya aku langsung dapet email panggilan untuk interview tgl 17 Juli 2019. Jujur aja ya aku gak nyangka bakal secepet itu. Karena selama ini aku selalu apply shopee di bagian yang lain pun gak pernah dapet kabar. Tapi yaudah akhirnya aku tetep dateng. Penasaran juga gedungnya kaya apa. Jadilah gue dateng tes di kantor Shopee yang bertempat di Pacific Century Place lt. 23-26.

Sedikit curhat yaaa, ngga tau kenapa hari itu aku sial banget rasanya. Sebelum interview, malem harinya aku begadang belajar dan ngebuat konten untuk tes jadi Content Writer di tempat lain, jadinya sama sekali gak bisa tidur. Dimulai dari aku telat bangun, padahal aku sudah setel alarm buat bangun jam 6... dan bisa ditebak, aku tidak bangun sampai jam 9 kurang. Lalu karena panik, aku bangun cuma sikat gigi dan cuci muka doang tanpa mandiiii. Kemudian siap2 berangkat tanpa pake sedikit makeup. Ohmaygattt!!!!!!! Grab yang datengnya lama, CV belum ke-print, daaan pas udah di jalan nih, maceetttt parah di daerah Kuningan. Hadeeh campur aduklah perasaan panik, malu, dan khawatir.

Belum selesai di situ! Nah. Ini dia kisah intinya. Gue nyampe dan laporan ke Mba-mba Shopee-nya di hampir jam 09:50 (hampir jam 10). Padahal jadwal gue jam setengah 10. Ya kena tegur sih, tapi gue tetep dibolehin ikut tes. Trus nuggu bareng seorang cewe yang ternyata juga telat kaya gue hahaha untuk nunggu yang sesi pagi selesai, horee.

Masuklah gue ke sebuah ruangan. Lalu dikasih selembar kertas untuk mengisi tes matematika. Oh ya, jadi setelah gue tes matematika itu, ada satu dari 6 orang di ruangan yang dipanggil, dan ternyata yang namanya dipanggil itu gugur dan gak bisa ke tahap interview HRD. Mulailah saatnya wawancara HRD. Masih di ruangan yang sama dengan 5 plus 1 orang baru yang sebelumnya juga sudah tes di sesi pertama. Yang ditanyakan tidak jauh dari pertanyaan pertanyaan yang biasa diajukan pada saat wawancara kerja. Jadi untuk HRD sistem interviewnya itu pergroup, tidak individu. 

Wawancaranya selesai sekitar jam 1an dan diminta menunggu hingga jam setengah 2 siang, nanti diumumkan siapa saja yang lolos akan lanjut ke tahap interview user. Aku menunggu dengan teman seruangan baruku yang tadi 6 orang. Kemudian pada saat diumumkan ternyata 3 dari 6 yang seruanganku lolos untuk ke tahap interview user dan diminta untuk menunggu sampai jam 4 jika berkenan. Aku mikirnya yaudahlah biar capek sekalian, maka aku bersedia untuk menunggu dengan 3 orang teman baruku tadi. Cukup lama memang. Akhirnya kami keliling2 untuk mencari tempat makan yang murah, karena emang aku dari pagi belum makan sama sekali.

Kemudian pada saat interview user, di dalam ruangan terdapat orang yang meng-interview kita. Jujur suasana interviewnya sih santai banget. Kalau pun nanti ketolak seperti gak ada hard feeling gitu sih. Pokoknya seperti biasa pertanyaannya basic interview gitu, ngobrol biasa. Dan waktu interviewnya juga gak lama, gak ada 30 menit kayaknya. Nah pas aku lagi di jalan pulang, sekitar jam 6an ada telpon masuk ke hape aku, ternyata itu dari Shopee untuk umumin hasil dari interview aku katanya aku lolos dan diminta untuk mulai kerja tgl 23 juli. Dalam hati aku "Ya ampun kok cepet bgt". 

Tadinya aku minta waktu untuk kabarin lagi besok hari, tetapi dari pihak HR-nya tidak bisa menunggu lama-lama karena masih banyak kandidat lain yang mau untuk posisi ini. Disitu aku mulai galau. Galau karena gaji yang diberikan tidak seberapa, yaa namanya juga magang. Dan aku sudah pernah magang juga sebelumnya. Lalu untuk sampai ke PCP pun memakan waktu kurang lebih 1,5 jam naik busway dari tempat tinggal. Terus dalam masa magang selama 3 bulan, aku takut mendapatkan tawaran pekerjaan yang lebih baik lagi. Tetapi tanpa pikir panjang aku langsung jawab "bersedia". Karena mungkin, inilah yang Allah kasih ke aku saat ini, untuk pelan-pelan menata karirku.

Jadi gitu aja yang bisa gue share, guys! Semoga bisa jadi referensi yang baik, ya! Semangat dan sukses untuk semua jobseeker Indonesia!

You May Also Like

33 comment

  1. Hi, mau tanya dong.. apa benar untuk intern di shopee, 'gaji'nya berupa uang transport 100rb/hari? Minta infonya ya, terimakasih :)

    ReplyDelete
  2. kak itu semuanya pake bahasa inggris ya apa boleh indo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh pake indo kalo kamu gak lancar, tp setidaknya harus bisa sedikit2 :)

      Delete
  3. kak uang sakunya dibayar di akhir bulan atau hari itu juga?
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibayar di akhir bulan, dan sistemnya kalo kamu gk masuk sehari berarti kamu gak dapet uang saku di hari itu.

      Delete
    2. Berarti sebulannya 3juta dapet nya ?

      Delete
  4. halo, apakah sewaktu waktu kita ada panggilan kerja yang lebih baik? bisa berhenti sebelum waktunya ga ya? makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh bgt kok, soalnya statusnya hanya magang, jd tidak ada ikatan apapun.

      Delete
  5. Halo, apakah kalo sewaktu waktu kita berhenti magang sebelum waktunya diperbolehkan di shopee? makasihh

    ReplyDelete
  6. Hai mau tanya dong berarti setiap bulan gajinya berapa ya? Boeleh di sebutkan dgn angka?

    ReplyDelete
  7. Halo, pada saat interview user km ditanya apa aja ya? Terima kasih.

    ReplyDelete
  8. Halo! Mau tanya dong, bentuk tes matematika yg mereka berikan seperti apa yah? Apakah butuh prepare yg panjang? Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya tes matematika dasar sih, aku sih prepare nyari2 soal di internet buat belajar aja. karena basicnya aku anak sasing jd juga udh lama bgt gak belajar mtk.

      Delete
  9. Kak mau nanya kalo magang gitu pekerjaannya langsung banyak terus kah atau jarang2 ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo magang di shopee di divisi aku kerjaannya udh pasti adaa yg dikerjain. Tips dr aku: kalo jd anank magang jangan terlalu nganggur pas dikantor, kalau kerjaan kamu udh selesai dikerjain dan lagi ada waktu luang, coba ditanya aja kaka2nya butuh bantuan apa lagi, itu keliatan kalo kamu anaknya minat dan antusias bgt dalam bekerja.

      Delete
  10. Halo kak mau tanya, kl setelah interview user itu waktu kakak semua diterima / ada yg enggak ya? Dan sebenarnya peluang masuknya kl dah sampe interview user besar tidak?

    ReplyDelete
  11. Halo kak mau tanya nih, peluang keterima kl sudah sampe user besar tidak? Dan teman2 kakak yg diinterview user ada yg tidak lolos?

    ReplyDelete
  12. Halo kak, akuada panggilan intvw di shopee. Aku mau nanya jobdesk divisi Business Development itu gmn ya, biar Aku punya gambaran. Terimaksih

    ReplyDelete
  13. Halo kak, Aku senin Ada intvw di shopee. Aku mau nanya, jobdesk divisi Business Development itu gmn ya ka? Biar Ada gambaran

    ReplyDelete
  14. Halo kak, sebelumnya makasih banyak tulisannya sangat bermanfaat karena kebetulan aku pun apply di posisi yang sama jadi setidaknya aku jadi tau tahapannya. Mau tanya, kalau untuk hal-hal yang dikerjain intern di business development itu ngapain aja sih kak? Soalnya jujur aku masih penasaran sama jobdesc-nya. Terima kasih, kak.

    ReplyDelete
  15. Halo, aku mau tanya, apa setelah magang 3 bulan itu nanti bisa lanjut untuk jadi karyawan tetap kah?

    ReplyDelete
  16. Kak aku mau tanya kak. Kalo peluang Untuk kerja di shopee setelah magang cukup besar ga kak?

    ReplyDelete
  17. Ka maaf pengen tanya untuk kerja di bagian buisnes development nya itu kerjanya ngapain aja ya ka? Perihal tugas2 nya yang kita lakuin sebagai anak magang disana? Terimakasih ka

    ReplyDelete
  18. Kak mau tanya dong bagi yang magang di agent warehouse itu dapet benefit apa saja ya kak ? Terus kalo sudah magang apakah bisa lanjut bekerja disana ?

    ReplyDelete
  19. hallo mau nanya dong.
    untuk uang sakunya 100k perhari atau perbulan ya?

    ReplyDelete
  20. Haloo kak, boleh lihat contoh resume nya? soalnya aku beberapa kali apply di kalibbr jarang nyangkut

    ReplyDelete
  21. Halo mau tanya, apakah untuk usia diperhitungkan di pekerjaan magang ini? Saya sudah 24 tahun, tapi untuk melamar kerja belum percaya diri karena pengalaman di bidang-bidang tersebut nol. Saya mau ikut magang untuk pelatihan agar mendapat ilmunya tentu melanjutkan di pekerjaannya, apakah bisa dengan hal tersebut? Ataukah program magang dikhususkan untuk mahasiswa saja? Terima kasih

    ReplyDelete
  22. Oh iya kita kost sendiri atau ada mess kak?

    ReplyDelete
  23. halo kak , mau tanya dan semoga dibales hehe . boleh di contoin CV dan cover letter nya ga kak ? aku bingung maksut cover letter nya juga itu gimana maksudnya , makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  24. Kak mau tanya misal udh sampai interview sama User, terus udh dapet offering lewat e-mail juga. Apa offering itu sudah menyatakan klo kita diterima magang kak?

    ReplyDelete
  25. Kak mau nanya kan udh interview sama user ni terus udh dikirim offering lewat e-mail, apakah offering itu sama saja sebuah pernyataan klo kita diterima magang

    ReplyDelete