Kunci Jawaban.

by - 8:44 PM

Lagi musimnya dedek-dedek buat Ujian Nasional nih. Pasti banyak deh calo-calo yang nawarin kunci jawaban. Mau cerita tentang pengalaman aku sama KUNCI JAWABAN. Jadi, aku pernah di hasut sama temen buat make kunci jawaban. Pasti deh rata-rata sebagian dari temen yang berencana buat make selalu bilang gini, "lo sekolah 3 tahun di tentuin 3 hari. Dan kalo lu gak lulus nyesek parah. Mending pake kunci." Selalu terngiang dari kepala 'gimana nanti kalo gue gak lulus?' Hal itu selalu ngebuat aku resah dan uring-uringan.
 
Akhirnya pulang sekolah cerita ke mama, minta nasihat, nanya ke mama boleh gak pake kunci, karna rata2 temen2 disekitar aku saat itu pada pake kunci, tapi ada juga yang engga. Akhirnya mama bilang "gausah, insya allah pasti bisa". Ketika pendirian aku sudah teguh, digoyangkan lagi sama temen. Karena jujur, aku iri sama mereka yang pake kunci (gak munafik loh ya). Aku mikir gini, rasanya gak adil kalo aku udah belajar mati-matian tapi nilaiku jelek, sedangkan mereka yang hanya belajar sebentar dan mengandalkan kunci, nilainya bisa lebih besar dari aku. Aku pulang2 nangis dan cerita ke mama ayah, dan diteguhkan lagi. Begitu terus berulang2.

Sampai pada akhirnya, kata2 yang aku ingat dari orang tuaku adalah, "3 tahun yang diambil adalah ilmunya, perjuangannya, entah kamu ingat atau engga pelajarannya yg kamu dapat saat itu. Toh abang2 kamu juga dari dulu gak ada yang pake kunci. Mama bantu doa dari rumah. Allah bakal bantu hambanya yang meneguhkan hatinya dalam jalan yang benar. Yang temen kamu bilang 3 tahun percuma kalo gak pake contekan itu salah. Percuma kamu 3 tahun sekolah tapi pake contekan, buat apa?"


Jleb.


Setelah mendengar kata2 itu, badan saya merinding. Semacam ada sugesti yg masuk. Aku lupa, bahwasannya selain usaha yang keras, ada doa yang menemani. Karena proses tidak akan pernah mengkhianati hasil. Akhirnya aku teguhkan dlm hati "gak perlu pake contekan!" Biarin aja nem aku jelek, itu bukti murni nilai usaha aku belajar selama ini. Toh, untuk masuk Universitas, nilai akhir tuh gak penting-penting banget (kecuali emang pengen dapet undangan). Mereka biasa ngadain ujian masuk sendiri.

Aku melakukan bakti ini untuk orantuaku. Agar mereka tidak sia-sia telah membesarkan aku. Aku mau ngejalanin masa depanku dengan dapet ridhanya orangtua dan Allah. Kalau hal kecil saja aku sudah curang, bagaimana nanti jika Allah menghadapkan aku ke hal yang lebih besar. Ujian itu kan tujuannya buat menguji kamu menguasai materi atau gak. Tapi karena kebanyakan hanya sekedar ingin nilai bagus jadinya kamu terbiasa buat mencontek.

So, buat adek-adek kelas 12 SMA yang besok akan berjuang dalam Ujian Nasional, percaya diri aja. Buktikan kalo kalian belajar selama 3 tahun itu ada hasilnya. Asalkan kalian belajar dan berdoa, insyaAllah bisa lah melewati UN. Inget aja DUIT (Doa, Usaha, Ikhtiar, Tawakal). Kalo lulus dan nilainya bagus karna pake kunci, yakin bisa merasa puas? Ada Allah kok yang amat sangat jauh lebih hebat dari kunci jawaban. Minta deh 'kunci jawaban' sama Allah, dijamin lebih tokcer! Nggak percaya? Coba aja! ;)


Hani.

You May Also Like

0 comment