Pengalaman Magang di Ruangguru.com

by - 5:46 PM

Hai gengs, apa kabar? Kali ini aku mau bagi pengalaman magang selama 3 bulan di Ruangguru. Karena kontrak magang aku disini sudah selesai sampai akhir Maret 2019 kemarin. Sebelum lanjut ke cerita utama, mungkin pertama-pertama kalian penasaran gimana caranya bisa magang di Ruangguru. Kalian bisa cek postingan cara magang di Ruangguru disini. Gampang kok.

Buat yang ga tau, Ruangguru adalah perusahaan teknologi terbesar dan terlengkap di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan dan telah memiliki lebih dari 6 juta pengguna serta telah mengelola lebih dari 150.000 guru yang menawarkan jasa di lebih dari 100 bidang pelajaran. Salah satu aplikasinya adalah Ruangguru, di mana isinya tuh ada beberapa program:
1. Ruangbelajar buat kalian yang mau belajar online, di dalamnya ada video penjelasan, rangkuman, dan contoh soal.
2. Ruangles, buat kalian yang mau nyari guru les offline, alias guru yang datang ke rumah.
3. Ruanglesonline, buat kalian yang punya PR tapi ga bisa ngerjain, bisa banget pake program ini. Tinggal foto soalnya di kolom chat yang tersedia, nanti habis itu guru dari Ruangguru akan membahas soal kalian.
4. RuangUji, yang isinya kumpulan soal try out.
5. DigitalBootCamp, buat kalian yang ingin belajar bareng-bareng secara online, karena program ini punya Group chat belajar dengan tutor standby.

Nah, sekarang ijinkan aku bagi cerita perjalanan magang di Ruangguru, kantor yang menyuguhkan suasana nuansa biru dan damai. Kebetulan aku disini magang di divisi Business Operation. Disivi ini bagian dari departemen Business Development. Ngomongin kerjaan, disini santai kok. Biarpun cuma magang, tapi kerjaan disini full of essence. Jam kerja disini mulai dari 9am sampai 5.30pm. Salah satu kewajiban anak intern disini adalah bawa laptop sendiri tiap hari. Karena apapun divisinya, kerjaan kita selalu di depan laptop. I'll tell you what I've done selama tiga bulan ini ya.











Tiap pagi intern di divisi gue selalu ada standup meeting bareng kaka-kaka senior, disini kita dilibatin bagaimana cara rapat mereka. Jadi walaupun kita hanya intern, tapi kita ngerasa bg kalo kita memang ikut andil dalam bekerja di Ruangguru. Kita meeting setiap hari mulai jam 10am sampai jam 11/12am waktunya lunch tergantung banyaknya hal yang perlu dibicarain.

Oke, jadi ini yang gua rasakan selama magang di sini.





1. Suasananya milenial banget. Lu bisa kerja dimana aja, ga harus di meja tertentu. Kadang-kadang lu bahkan bisa aja kerja di tangga. Yang penting tugas saat itu selesai.
2. Makan siang gratis! Tiap hari bakal ada catering yang dikasih kantor buat kita, lumayan kan hemat-hematin uang jajan. Tapi, karena makan siangnya pake catering, kadang-kadang lu bakal bosen juga dengan menu makanannya. But I'm not, karena gua mikinya "mending makan catering daripada jajan" wkwk
3. Bisa dapet banyak pengalaman. Karena di Ruangguru itu, lu cenderung disuruh melakukan tugas tanpa ditemani Usher (kecuali kalo lu bingung, ya mereka bakal dampingin lu sampe bisa). Lu juga bisa jadi mandiri dalam ngerjain tugas.
4. Pakaiannya bebas! Ga harus Pakai blazer, atau kemeja, atau baju-baju rapih lainnya. Lu bisa pakai kaos, celana jeans, dan sendal, and kerja. Lu ga bakal dihakimin karena pakaiannya cuma kaos. Dan itu suasana yang gua suka.
5. Ada Fee nya, jadi lu bisa dapet pengalaman + uang jajan. Tapi menurut gue, untuk perusahaan Ruangguru yang sudah mencapai Unicorn, gaji magangnya masih terbilang cukup kecil untuk anak Intern.


Segitu dulu ya ceritanya. The thing is, wherever you are, do what you love and love what you do. Kalo tetep gak bisa cinta sama kerjaannya, paksain atau cari di tempat lain. As simple as you close your eyes.

You May Also Like

8 comment

  1. Halo mba, mau tanya nih kalau untuk jobdesk business operation di ruang guru itu apa aja ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo riana, biasanya pas kita apply sudah ada di job description. dan untuk memastikan coba ditanyakan lagi lebih jelasnya saat interview.

      Delete
  2. hallo ka mau nanya, untuk magang di ruang guru sendiri gimana yaa? karna saya cari2 info agak susah. Terimakasih ka

    ReplyDelete
  3. Hallo kak, mau nanyak nih... Kira2 berapa lama ya pengumuman dterima setelah berkas di apply? Terima kasih

    ReplyDelete
  4. aku sih apply trus gak sampe seminggu dapet wa untuk interview, trus gak lama dari hr (Human Resource) nya ngehubungin aku lewat wa lagi kalo aku lolos dan nanya aku kapan bisa masuk kerjanya. jadi sih alhamdulillah prosesnya cepet bgt.

    ReplyDelete
  5. Hai kak, boleh tau fee magangnya? Soalnya saya dari luar kota hehe

    ReplyDelete
  6. Halo mbak, boleh tau range fee nya gak? Soalnya dr luar kota

    ReplyDelete
  7. hallo ka, apa harus banyak pengalaman organisasi utnuk melamar magangnya? dan misal kita masih kuliah, apakah tidak terbebani ka?

    ReplyDelete