Menjadi Wanita di Kehidupan Millenial

by - 8:56 PM

Dulu banget, gw pernah bikin planning karir gw. Waktu itu gue pengen banget jadi wanita karir yang punya kerjaan oke di perusahaan bonafit. Kemudian gue kepikir soal kodrat gue sebagai seorang wanita, di mana gue akan menikah, lalu punya anak. Selanjutnya gue akan punya tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga. Sampai di titik ini gw mikir banget, jadi ibu rumah tangga itu ngga mudah lho, apalagi klo mikirin gue pengen terus berkarir juga.

Terus gue kasih tau rencana gue sama ayah gue, dia bilang klo nikah sebaiknya gue ngga usah kerja, tapi full jadi ibu rumah tangga kaya mama. Pikiran gw saat dia bilang begitu adalah: "Gila kali?! Gue udah susah-susah belajar biar bisa kuliah di kampus ternama, trus kuliah sampe nangis darah. demi nyelesaiin skripsi di kampus yang bukan sembarangan. trus pas gw udah jadi sarjana gini malah ngelarang kerja. Dipikir gw susah-susah sekolah buat apaan?" Apalagi belakangan setelah gw dapet kerja ke perusahaan yang punya nama baik. Rasanya berat gitu ya klo suatu hari nanti kerjaan gw cuma jadi ibu rumah tangga.

Sempat kepikiran pengen punya usaha sendiri aja biar bisa kerja dan ngurus rumah tangga. Tapi gw pikir, gw adalah orang yang ngga disiplin, gw mendingan kerja ikut orang dari pada ntar ngga konsisten sama usaha gw.

Belakangan ini gw suka serem klo dengar berita di media massa. Rasanya kehidupan semakin mengerikan, ada anak TK yang dicabuli, anak SD yang dibully, anak SMP bikin video porno, anak SMA ikut tawuran, trus mahasiswa mati karna ospek di kampus. Punya anak perempuan takut diperkosa, punya anak laki-laki takut disodomi. Gw pikir ini beban orang tua menjadi lebih sulit di masa depan.

Semua kejadian itu membuat gw khawatir, gimana dengan anak-anak gw nanti. Rasanya klo gw terus jadi pekerja kantoran yang kerjanya Senin-Jumat dari jam 8 ke jam 5 bakal susah memantau keluarga gw nanti. Belom lagi tuntuntan kerja di ibukota bisa jauh lebih sulit. Sementara ancaman untuk keluarga juga lebih besar di kota metropolitan seperti Jakarta. Gw ngga mau anak-anak gw nanti menjadi korban atas kesibukan kerja gw.

Dan akhirnya saat ini gw berpikir jadi ibu itu ngga mudah. Makanya gw salut sama ibu-ibu yang bisa kerja kantoran, tapi keluarganya terurus dengan baik dan anak-anaknya bener sekolahnya. Gw pengen banget bisa begitu, tapi mengingat kehidupan yang semakin mengerikan seperti yang gw tulis di atas, sekarang sih gw berpikir akan menjadi ibu rumah tangga aja nanti. Mungkin nanti setelah gw melahirkan anak pertama, gw bakal resign, pensiun dini dari kantor dan kemudian jadi ibu rumah tangga. Mungkin. Who knows?

Kedengarannya gw kayak kemakan omongan sendiri ya. Tapi buat gw ini adalah pembelajaran. Pada akhirnya gw mengerti, untuk menjadi ibu rumah tangga itu ngga mudah. Seorang wanita dipersiapkan untuk merancang masa depan keluarganya, jadi untuk itulah seorang wanita harus mendapatkan pendidikan yang benar.

Anyway, Salut untuk semua ibu, baik ibu rumah tangga dan ibu yang juga ngantor. Kalian wanita hebat.


Hani.

You May Also Like

0 comment