Komitmen [Awal Pakai Hijab]

by - 12:26 PM


Berawal dr pas kelas 3 SMP semester ganjil, di SMP kebetulan ada 2 guru agama, dan keduanya ini deket sama aku. Yang satu masih muda dan yang satu lagi udah tua, Nah yang muda ini ganteng, anak2 perempuan lain suka sama guru agamaku, tapi menurutku biasa aja, karena kalo pas latian jadi qari sama dia, aku suka diledekin gitu. Trus saat itu guru agamaku yang muda lagi cerita tentang azab di akhirat di kelas. Dia cerita kalau penghuni neraka itu kebanyakan perempuan karena gak menutup auratnya. Daann... tiba2 guru  agamaku yang tua masuk ke kelas, mau nginfoin sesuatu, trus sebelum keluar dia ngeledek aku bilang gini ke anak-anak kelas "ini nih, ketua keputrian rohis tapi gak make jilbab" dan di iya-in sama guru yang muda, aku sangatt malu pada saat itu. emang waktu itu aku kepilih jadi ketua keputrian rohis, gatau kenapa bisa kepilih, mungkin mereka semua yang milih aku lagi gila waktu itu.

Akhirnya setelah cerita akhirat itu, anak2 perempuan di kelas pada sepakat mau pake jilbab semua. Awalnya aku gamau ikutan, belum siap buat make saat itu, tapi nanti kalau aku gak make sendirian kan rada malu gitu. Pikiranku saat itu adalah aku gamau make karena disuruh, aku mau karenaa emang kemauan aku sendiri.

Gak hanya kelas aku ternyata yg di ceramahin, kelas lain dan dari seluruh angkatanku juga, dan itu juga ngebuat sebagian satu kelas perempuannya memakai jilbab semua. Bayangkan! hampir satu angkatan perempuannya pake jilbab semua! udah kaya pesantren aja. Sebagian perempuan diangkatan ada yang make bukan untuk diri mereka, tapi karena disuruh dan untuk diliat sama guru yang muda. Aku tau karena pas lulus mereka lepas. Dan akhirnya, mau-gak-mau aku megambil satu langkah kecil, memberanikan diri untuk berhijab, karena pada saat itu juga aku baru baligh. Jadi pake kerudungnya cuman disekolah aja.

Saat mulai SMA sempet terpikir mau lepas kerudung, karena sebagian temen aku yang lain di SMP lepas kerudung gitu pas lulus, tapi ga jadi. Entah kenapa selalu di nasihatin ayah. Disitu aku terketuk hati nya untuk mncoba berhijab dan itu pure keinginan sendri, karna lillah hitaa'la, bukan karna aku terpaksa lagi. Belajar untuk tetep pake walau keluar rumah, lanjut tetap pakai hijab walaupun blm sempurna, krna aku pun msih proses belajar.

Jadi dlu pas SMA aku ikut organisasi rohis lagi dan kepilih kembali menjadi Ketua Keputrian. Banyak cobaan yang aku hadapi krna dimasa SMA kan keras ya pergaulan nya, aku mulai diuji dimana ketika selalu disangkut pautkan dgn hijab, kdang slalu dicari celah kejelekan, ada fitnah, dibilang sok alim dll. Apalagi aku anak rohis yang orang2 anggep anak baik atau sok alim, kalo aku nasihatin temen aku sedikit dibilang terlalu sacred, suka dibilang ustadzah lah ;) anak madrasah, anak pengajian, dan yang lebih parah aku pernah dibilang kerdus (kerudung dusta). Demi allah aku waktu itu cuman bisa doain mreka buat dihilangkan rasa dengki, gibah, iri hati. tp dulu aku gak butuh pandangan baik dimata manusia, yg aku butuhin saat itu adalah baik dihadapan tuhan aku sndri. Yg tau kita gmna sbenarnya itu Allah. dan alhamdulillah ya Allah pas aku lulusan SMA org2 yg dulu prnah ngomongin aku dibelakang malah jd malu sndri, mreka di bukain hatinya dan diberi hidayah sama Allah, skrg baik bgtt ke aku dan minta maaf dan mereka sebagian ada yang mulai memakai jilbab juga, dan aku terima mereka tanpa mndang mereka gmna dlu brsikap.

Darisana aku belajar bnyak, Allah sayang aku dan dikasih cobaan buat tahu seberapa besar kuat iman selama hijrah pas pakai hijab. Setuju atau engga, ada beberapa pandangan masyarakat yg menganggap bahwa wanita berhijab itu hrus sempurna. Namun harus kalian ketahui, yg berhijab jugalah manusia biasa yg msh punya kekurangan dan dosa, blm seutuhnya sempurna.

Alhamdulillah sekarang aku juga masih istiqamah sama hijabku di kampus. Aku coba ngerenungin belajar sepenuhnya pakai hijab, foto yg gak pakai hijab aku delete2in di fb, tapi masih ada sebagian di sosmed aku yg lain. Pakai hijab tak segampang yg org kira loh, pasti ada cobaanya dan bsa jg goyah, tp asal kita balik lg ke prinsip. Aku jg blm hijab syar'i kok, tapi pernah pake sekali2 kalau ada acara penting di rohis kampus, ataupun jadi mentor di smp & sma, karena emang lingkungan organisasiku orang2 yang notabene pakai syar'i dan jujur msh suka main sama temen2 kuliah yg laki2, masih bocah banget deh >.< Suka malu kalo berpapasan sama temen2ku yang pakai syar'i dan aku masih pakai celana.

Wanita yg sudah memakai jilbab tidak langsung segala nya mnjadi sempurna seutuhnya, aku gak blg kalau diriku sndri udh smpurna, tp insya Allah aku yg berhijab selalu berusaha berkaca diri untuk menjadi pribadi yg lebih baik luar dalam, dr tutur kata ,berpakaian seperti layaknya muslimah yg semestinya. Intinya pesan dr aku adalah Berjilbab tak perlu nunggu kematangan hati, namun lebih pnting adalah pribadi yg selalu ingin memperbaiki akhlak nya dan insya Allah ketaatan kita baik di hadapan nya :)

Jika engkau berjilbab dan ada orang yang mempermasalahkan akhlakmu, jelaskan pada mereka bahwa antara akhlak dan jilbab itu dua hal yang berbeda. Berjilbab adalah murni perintah ALLAH yang wajib dilaksanakan oleh wanita muslim yang telah baligh tanpa memandang akhlaknya baik atau buruk. Sedangkan akhlak adalah budi pekerti yang tergantung pada pribadi masing-masing. Dan jika seorang wanita berjilbab melakukan dosa/­ pelanggaran, itu bukan masalah jilbabnya namun akhlaknya..

- a quote -

Wassalam,
Hanifah T. Imrani.

You May Also Like

0 comment