Tour Jawa (Rumah Eyang Kakung, Solo)

by - 9:11 PM

Nah akhirnya sampai juga nih di kampung halaman rumah eyang gue, di solo..
Rindu rasanya di rumah itu, bayangkan udah 6 tahun lebih gue gak kesana.. Pada saat eyang kakung meninggal pun gue gadateng, karena seinget gue waktu itu gue UN SMP







Setelah kerumah eyang kakung, gue dan keluarga mengunjungi Astana Bibisluhur Surakarta Keluarga Mangkunegaran.. yaa seperti yang udah pernah gue bilang, mama gue itu masihh keturunan keluarga keraton, dan yang gue baru tau adalah marga keluarga gue adalah Mangkunegaran..
di makam inilah seluruh kerabat Mangkunegaran di makamkan
Saat kita memasuki Astana Bibisluhur, kita disambut sama abdi dalem itu. Jadi selama hidupnya dia itu mengabdi sama Keluarga Mangkunegaran atau keluarga Keraton, dan emang rata-rata abdi dalem itu sudah tua-tua..
Lalu setelah itu kita disediakan karpet dan dibersihkan makamnya oleh abdi dalem itu.
Ini makam Eyang kakung dan Eyang Putri


Setelah selesai berdoa, gue ngegandeng Eyang Mamik dan ngobrol banyak hal. Eyang Mamik adalah adeknya Eyang gue. Yaa sodaranya eyang itu banyak banget, dan beruntungnya gue, gue masih banyak memiliki eyang. Sodaranya eyang pun agamanya macem2, termasuk Eyang Mamik ini..
"yang kok dari tadi orang-orang itu ngomong 'Paringi ndoro.. Paringi' artinya apaan yang?"
"Paringi itu artinya kasihan, dan ndoro itu lambang kebangsawanan. jadi dia bilang 'kasihan ndoro.. kasihani' seperti tukang minta"


ada makam para pejuang juga lho..

lompat yg epic

lihat lihat!! sepatuku terbangg wushhh






.Hani.

You May Also Like

0 comment